soshite Okaeri sono ore no BLOG! syahrielos.tk! Silahkan melihat-lihat isi blog kecil ini! jangan lupa tinggalkan jejak komentar / +1 / like ya!

2017-06-22

Pantangan sebelum menjajaki Google Play Store (BACA ISINYA!)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yosh Minna-san!, Jumpa lagi di blog kecil yang sepi ini.

Latar belakang

Pada masa ini, Smartphone Android sudah merajai pasaran dunia. tidak terkecuali Indonesia yang merupakan sasaran bisnis terbesar oleh perusahaan Smartphone keluaran Asia termasuk Brand sejenis Samsung, Xiaomi, HTC, Coolpad, Oppo, dll.

Sumber: Google Play Store, dengan sedikit perubahan disana-sini


Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur sejak pembelian. Aplikasi dalam sebuah Smartphone Android belumlah lengkap. seperti Editor Foto, meskipun sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan di Android sejak versi Gingerbread / Honeycomb. tapi fiturnya masih sangat minim dan sebagai cara lain, kita harus mencari aplikasi di Play Store untuk menambal kekurangan di daftar Fitur Android tersebut.

Berbicara mengenai mencari aplikasi Android, kita pasti tidak lepas dari yang namanya Play Store dan APK. Asal kalian tau, dua hal ini adalah hal vital dalam dunia Per-Androidan. Tapi, Akhir-akhir ini Saya miris melihat keadaan Play Store di Negara ini. mulai dari orang yang nyesel download, tanya di komentar aplikasi, ngasih bintang 1 padahal aplikasinya bagus, dan lain-lain.

Menyinggung hal itu. saya akan memberi tau apa saja pantangan sebelum kalian menjajaki Google Play Store yang juga akan sedikit menyinggung mengenai budaya orang Indonesia.

Pantangan-Pantangan Sebelum menjajaki Play Store:

Sumber: Pribadi

1. Memiliki Akun Google.

Kalian yang memiliki HP baru dengan Android Stock ROM / AOSP pasti diharuskan untuk mendaftarkan diri ke Google. karena Android merupakan produk milik Google (meskipun awalnya adalah produk milik Andy Rubin dkk. yang diakuisisi Google). Jika kalian tidak memiliki Akun Google, Otomatis kalian pasti tidak akan bisa mengakses Google Play Store.

Selain digunakan untuk pengesahan kepemilikan HP Android. Akun ini nantinya juga bisa digunakan untuk menyimpan informasi kartu kredit untuk pembelian aplikasi dan menyimpan Progress game yang kalian mainkan di HP Android.

Jika kalian belum memiliki akun Google, maka ketika kalian memasuki Play Store. kalian akan diminta membuat akun baru untuk memasuki Play Store. atau menggunakan akun Google yang sudah ada.





Sumber; Pribadi

2. Memiliki Cukup Ruang untuk pemasangan Aplikasi

Bagaimanapun juga, tanpa ruangan yang cukup di rumah, bagaimana kalian bisa memasukkan furnitur baru ke dalam rumah kalian? anggap saja seperti itu. Aplikasi Android juga perlu Ruangan untuk menyimpan inti aplikasi, menyimpan pengaturan, data kalian, dan lain-lain.

Asal kalian tahu, Kita tidak bisa menulis data ke ROM. tapi kita memasukkan data Aplikasi ke Partisi data yang sering membuat kita salah kaprah. Partisi ROM dan Partisi data berbeda. tapi sistem Android mengaitkannya ke Root dengan tipe yang hampir sama yaitu folder dengan nama /data untuk data dan /system untuk ROM. bahkan sebagian Manufaktur menyebut Root sebagai ROM itu sendiri.

Kalian bisa melihat berapa jumlah ruang kosong di HP Android kalian dengan:

KitKat kebawah: Pengaturan => Aplikasi => Semua, atau Pengaturan => Penyimpanan

Lolipop keatas: Pengaturan => Apl => Kelola Apl.

3. Cari aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan.

Kalian di Play Store adalah mencari Aplikasi yang kalian butuhkan, jangan asal download dan percaya hal-hal luar biasa begitu saja dilakukan dengan Aplikasi yang asalnya itu hanya video editan atau ada tambahan pada Aplikasi tersebut.

Jika kalian masih belum tahu kegunaannya buat apa. Cari tutorial di Google, jangan malah nanya di kolom Review. apalagi nge-Rate 1-3 bintang padahal belum tau kegunaan aslinya apa.

Seperti di gambar disamping, bisa dilihat ada orang yang begitu saja percaya kalo sebuah aplikasi Terminal bisa membobol wifi, sebenarnya ini hoax pun tidak. tapi ada tambahan aplikasi dalam sistem android yang memberitahu hal tersebut kepadanya dan orang itu tidak memberitahukan apa-apa mengenai itu. 

Dibawahnya pun ada yang nanya tutorial menandakan bahwa dia sebenarnya gak membutuhkan aplikasi tersebut melainkan hanya coba-coba.

4. Baca deskripsi sebelum Mengunduh

Ini adalah salah satu kebiasaan masyarakat kita, yaitu baca judul langsung tanggapi. Itu adalah kebiasaan yang sudah melekat di masyarakat Indonesia entah sejak kapan.

untuk menghindari salah paham penggunaan aplikasi, budayakan baca dahulu deskripsi. bisa diakses di bawah kolom Screenshot yang ada tulisan "BACA SELENGKAPNYA"

selain itu, kita juga bisa mencari tahu tentang Kebutuhan Aplikasi, besar ruang aplikasi, pengembang, kontak pengembang aplikasi, Tanggal pembaruan terakhir dan lain-lain.

Kebanyakan masyarakat kita memang selalu mempercayai judul. lalu asal unduh dan akhirnya dia tidak tahu apa yang akan dia lakukan dengan aplikasi itu.



5. Jangan Sombong dalam memberi Review

kita ini bukan pengembang dan hanya konsumen. mana tau bagaimana susahnya membuat sebuah aplikasi yang bebas masalah. Ini juga berkaitan dengan poin 3&4, kita biasanya memang asal unduh dan akhirnya memberi review yang gak masuk akal. kalo kalian misalnya gagal melakukan sesuatu, jangan asal memberi review yang terkesan aneh, itu bukan kesalahan dari si Pengembang aplikasi! ingat itu!
hanya kita saja yang malas untuk memperbaiki apa yang kita lakukan dengan aplikasi tersebut! Ingat! jangan jadi orang yang malas dalam melakukan sesuatu maupun memperbaiki kesalahan kita yang kita lakukan ketika maupun setelahnya.

Youtube memang sebuah situs berbagi video, baik video hiburan maupun video tutorial dll, ikuti dengan baik video itu jika kalian benar-benar ingin melakukan sesuatu. jangan asal bilang ini salah itu salah kepada si pengembang!

Dan juga, jangan bilang:

"3 aja dulu, kalo bagus aku tambahin".
tapi hasilnya kagak pernah ditambahin!, kalo ketemu yang seperti itu langsung aja Tap Opsi > Ini Spam!

"It's only a ordinary clock, why I need to" bla bla bla.
Kalian gila? seriusan ini orang sombong banget!. gimana kalo orang negara lain melihat Indonesia dari sisi orang ini? pasti negara kita sudah dicap sebagai negara yang buruk dan tidak ramah!. Apalagi ini pakai bahasa Inggris tapi gak tau tata bahasa Inggris, ini juga sebagai cerminan bahwa kita ini adalah negara bodoh yang asal melakukan hal tanpa dilihat dari orang aslinya.

BTW, Ini orang kagak ane sensor soalnya sombong banget, privasi seperti itu bukanlah hal yang setimpal dengan rasa malu negara kita yang ditimbulkan oleh orang ini




6. Bersiaplah melaporkan pencuri dan penipu

Play Store bukanlah Toko yang memberikan aplikasi yang terpercaya karena mereka bukanlah pengembang Aplikasi lain didalamnya.

Seperti gambar disamping. Itu adalah sebuah aplikasi buatan seorang pencuri yang mencuri konsep dan kode utama dari aplikasi emulator terkenal (Spoiler here). kita bisa melaporkannya lewat :

Scroll ke bagian paling bawah. lalu pilih laporkan Aplikasi ini > Pelanggaran IP

BTW, sekarang fitur ini ditiadakan oleh pihak Google karena banyak disalahgunakan

Tapi setidaknya cobalah bertanya lewat Email.

7. Meminta Fitur / Mengadukan keluhan lewat Email

Orang Indonesia memang suka mencari pintasan yang paling pendek, yaitu lewat komentar / Review dan bukan Email pengembang. tapi tahukah kalian bahwa hanya 40% pengembang yang mau berkomunikasi kepada kalian lewat komentar / review.

Jika kalian ingin meminta fitur / mengadukan keluhan seperti force close atau ada error segala macam silahkan kontak pengembang lewat email yang ada di bagian paling bawah di halaman unduhan aplikasi.

Usahakan menggunakan ini dengan hati-hati dan sopan. jangan sampai kalian dilaporkan dan Akun Mail kalian di banned karena kurang sopan dalam meminta fitur.

Yah, mungkin itu saja bisa saya sampaikan. 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar