soshite Okaeri sono ore no BLOG! syahrielos.tk! Silahkan melihat-lihat isi blog kecil ini! jangan lupa tinggalkan jejak komentar / +1 / like ya!

2017-05-19

Tips Main osu! pada PC Low Spec

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Yo Minna-san! kali ini ane mau kasih tips main game

Yupz, "osu!". game ritme yang satu ini memang salah satu game yang marak dimainkan oleh para Anime lovers karena daftar beatmap atau lagu yang fleksibel, banyak, beragam serta memuat banyak lagu Anime. tapi, bagi non-Anime lovers / non-Otaku, banyak kok map yang berisi lagu umum meskipun kebanyakan masih belum masuk daftar Ranked.

Halaman depan osu! versi Mei 2017 dengan background Maskot osu! Pippi
bagi yang belum tau / belum pernah main game ini. bisa mengunjungi Situs resmi osu!, game ini memiliki 4 mode permainan yang semuanya merupakan permainan ritme, yang paling umum dimainkan adalah osu!standard (Klik-klik bulatan) yang merupakan standar

Bagi pemilik PC Low Spec mungkin merupakan hayalan untuk bermain osu! dengan lancar. tapi itu adalah salah besar!, kita bisa memainkan osu! meskipun PC kita memiliki Low Spec. yah, paling tidak bisa memenuhi persyaratan sistem ini:

Prosessor 1GHz+, RAM 512MB dan sudah mendukung .NET Framework 3.5 pada Windows.
Meskipun begitu, banyak PC dengan persyaratan sistem 2 - 4 kali lebih kuat dari ini masih memiliki masalah dalam menjalankan osu!

Ini dia tips-tips nya:

Dari Hardware-nya:

1. Gunakan Headset saat bermain

Mungkin terkesan sepele tapi memang kadang menggunakan speaker bisa jadi merusak performa permainan.

2. Gunakan Keyboard dan mouse yang masih bisa dipakai dengan lancar

Kalo misalnya kamu main mode osu!mania (Piano) terus kamu diharuskan nekan tombol K yang rusak pasti ngeselin 'kan? juga kalo main osu!standard kamu tidak bisa muterin spinner pasti kesel juga 'kan?

Dari Windows-nya:

1. Sisa RAM,


osu! memiliki fitur dimana ia bisa memutar video / storyboard sebagai background permainan, kalian minimal harus memiliki 200MB RAM jika ingin bermain tanpa video dan 500MB dengan video kualitas menengah dan 1GB untuk bermain dengan video kualitas tinggi.

2. (Laptop) Gunakan Mode Kinerja tinggi / High Performance pada pengaturan baterai.

Pengaturan Daya pada tray
Kalian bisa menemukan pengaturan ini ketika meng-klik tray icon baterai pada kanan-bawah desktop kalian. dengan ini kinerja Laptop akan bebas dari batas-batas nya dan bisa lebih leluasa memainkan game-game yang terkesan berat jika menggunakan mode seimbang.

Dari game-nya:

1. Pengaturan Renderer

Setting Renderer

Renderer adalah proses yang bertugas menampilkan gambar permainan langkah demi langkah. untuk yang memiliki PC dengan GPU Intel, Batasan FPS dibuat VSync. sedangkan untuk lainnya seperti NVidia dan AMD ATI boleh menggunakan batasan FPS yang ada. atau kalo tidak yakin silahkan pakai mode "Tanpa batas (Saat bermain)".
Jika kalian memiliki masalah ketika bermain seperti layar jadi abu-abu rusak atau yang lainnya, hidupkan Mode Kompabilitas. atau jika FPS kalian turun (saat bermain lihat pojok kanan bawah) saat bermain, hidupkan Kurangi penurunan frame (Ini akan menghidupkan Loncatan frame / frameskip yang terkesan menghancurkan animasi pada map).
Untuk masalah lainnya, hidupkan deteksi masalah kinerja untuk melihat apa yang menjadi masalah kinerja pada PC kalian dan mengirimkannya kepada tim dev osu! (peppy) atau kadang juga menampilkan teks kinerja pada pojok layar.
Pengaturan Resolusi juga penting. jangan matikan mode Fullscreen jika kalian menggunakan resolusi asal layar kalian pada osu!, jika kalian menggunakan mode Windowed itu akan menurunkan FPS sebesar 20%~70%.

2. Skin

Pengaturan Skin

Gunakan Skin sederhana saja. menggunakan skin standar osu! memberikan kesan yang elegan pada gamenya, tapi juga akan memberatkan Renderer karena harus merender gambar yang sangat detail tiap 10~17 milidetik sekali.
Seperti yang kalian lihat, saya menggunakan Skin "Android-4-Kitkat", ini memberikan kesan sederhana yang merupakan trend saat ini tapi tidak terlalu memberatkan Renderer Kalian.
Untuk jaga-jaga kalo ada map yang memiliki skin yang berat, Aktifkan "Abaikan semua skin beatmap".

3. Mode Game

4 mode game dalam osu!
Game ini memiliki 4 mode game yaitu osu! (osu!standard : Klik-klik), Taiko (osu!taiko : Ketuk Drum ZXCV), Catch the Beat (osu!ctb : tangkap buah) dan osu!mania (Piano DF-JK).
Yang paling menguras kinerja PC adalah mode osu! dan mode Catch the Beat dan yang paling ringan adalah osu!mania. ini dia perbandingan penurunan FPS yang bisa terjadi pada mode-mode permainan ini

  1. osu! : 10%~70% FPS, karena tugas rendering bulatan, slider dan spinner membutuhkan kekuatan GPU yang besar, meskipun sederhana belum lagi kalau ditambah efek detailisasi dan saat kalian menginjak Reff lagu.
  2. Catch the Beat : 10%~60% FPS, soalnya kalo buahnya jatuh cepet banget terus banyak banget ngegambarnya sulit 'kan?
  3. Taiko : 10%~45% FPS, yang memberatkan pada mode ini adalah efek yang muncul saat beberapa bagian lagu tertentu.
  4. osu!mania : 10%~40% FPS, ini adalah mode permainan yang ringan, terdiri dari roll piano vertikal, pemberatnya hanya jika banyak not yang harus dipencet dalam waktu yang dekat / bersamaan.

4. BPM beatmap.



BPM adalah ukuran untuk seberapa cepat not lagu dialunkan. dalam osu!, lagu cepat harus dimainkan dengan cepat juga tapi tidak jarang untuk beatmap sulit memiliki BPM yang berbeda dari versi mudahnya, map normal memiliki 100~180BPM, sedangakan untuk map cepat (berat) memiliki 181 keatas.

Selain sulit untuk dimainkan, map dengan BPM tinggi akan memberatkan GPU PC untuk merender gambar karena pergerakan animasi yang cepat dan kemungkinan banyak juga. ini akan membuat hasil permainan anda bukan hanya B tapi bisa juga jadi D karena PC kalian ngelag pas memainkannya.

Untuk map berat, usahakan matikan video dan storyboard dan menggunakan skin sederhana.

5. Penggunaan & Ukuran Video

PC kalian low spec? mau pakai background video? boleh aja. tapi jangan mengharapkan PC kalian bisa memutar video dengan lancar. jika kalian ingin mematikan video di tengah-tengah permainan, kalian bisa tekan Pause / Esc lalu Hover Visual Setting pada layar bagian bawah lalu centang Nonaktifkan Video. tanda-tanda PC kalian gak kuat memutar video background map adalah videonya berulang (looping) biasanay pada bagian transisi / perpindahan scene.

Jika kalian masih ingin memainkan osu! dengan background video dengan kinerja video yang lancar, kalian bisa men downsize video nya. kalian bisa men downsize videonya dengan menggunakan FormatFactory, FFMpeg atau lainnya. downsize seperlunya aja jangan banyak-banyak. buat ukuran layar dan bitrate separuh dari video asalnya. dengan begitu kalian bisa bermain dengan lancar saat main osu dengan background video.
PC ane punya puncak keseimbangan antara kinerja dan kualitas kalo main dengan ukuran video sekitaran 848x480 (480p Wide) atau 640x360 (360p Wide) jika videonya memiliki banyak warna, untuk bitrate /kualitas gambarnya biasanya saya kasih 1MB / 512Kb, Ingat: osu! hanya mendukung format video AVI.
Kalo mau downsize videonya caranya:

  1. Klik kanan ikon osu! di desktop terus klik Open File Location (Buka Lokasi Berkas)
  2. Buka Songs > "nama map yang memiliki video" > pilih videonya
  3. Convert dengan Aplikasi yang kalian miliki dengan kualitas dan ukuran yang menurut kalian bisa dirender dengan cepat oleh PC Kalian, jangan kerendahan atau ketinggian.
  4. Replace Video di map itu dengan hasil video konversian kalian
  5. Terakhir buka osu! dan test map itu, jika masih ngelag coba konversi sampai bisa lancar


Yosh, mungkin itu saja yang bisa ane kasih hari ini
sampai jumpa lagi di post lain,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar