soshite Okaeri sono ore no BLOG! syahrielos.tk! Silahkan melihat-lihat isi blog kecil ini! jangan lupa tinggalkan jejak komentar / +1 / like ya!

2017-05-26

[Coret-coret] 8 Alasan kenapa kita harus menggunakan OS berbasis GNU/Linux

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Yo, minna-san. Gimana kabar kalian? tahu 'kan OS Linux? OS yang merupakan saingan Windows dan Mac dalam persaingan Sistem Operasi Dunia.

Latar belakang

Sebagian besar perangkat seperti Laptop, Komputer dan beberapa Smartphone memiliki OS bawaan Windows. seperti yang kita ketahui, Sistem Windows memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna baik pengguna awam maupun pengguna advanced bahkan hacker. Tapi, sistem Windows yang banyak dipakai sebagai OS bawaan perangkat-perangkat diatas merupakan kesempatan bagi para hacker dan "bad developers" untuk menciptakan Program-program ancaman seperti Virus, Spyware, Malware dan Ransomware yang banyak tersebar dimana-mana di Internet Permukaan maupun Internet Gelap.

Sebut saja Ransomware yang baru-baru ini menggemparkan dunia IT, "Wannacry" yang menyerang sistem operasi buatan Microsoft dengan mengenkripsi file-file kita dan meminta bayaran untuk mendekripsikan file tersebut kembali sebesar 0.4 Bitcoin (atau sama dengan ~3.5 Juta Rupiah) per komputer.



Macintosh adalah OS bawaan tiap perangkat buatan Apple. sayangnya, masih 30% perangkat pengguna / PC di Indonesia menggunakan OS Mac karena harganya cukup tinggi, Apple juga memporting Macintosh ke sistem mobile yang diberi nama ulang sebagai iOS yang ada di iPhone dan iPad. meskipun tergolong aman dari virus, tapi harganya sangat mahal. buat kita orang-orang bokek mungkin akan sangat mencekik dompet kita.

To the Point

Linux adalah sistem yang dikembangkan oleh programmer Finlandia, Linus Torvalds dkk. yang merupakan satu-satunya OS yang sumbernya terbuka (open source) yang memberikan kebebasan kepada setiap pengembang sistem operasi baru untuk menciptakan OS berdasarkan sistem Linux ini. kemudian Linux diadopsi oleh GNU dan dikembangkan lebih jauh di Linux Consortium.

Inilah alasan-alasan kenapa kita harus menggunakan Linux sebagai OS perangkat kita:

1. Gratis

Kelebihan OS yang satu ini adalah tidak memiliki harga / gratis, karena sumbernya terbuka. kita bebas memodifikasi setiap bit dari sumber OS ini. kita bisa mengkompilasi sumber OS ini dan mempublikasikannya sebagai OS yang juga tidak memiliki harga atau mempublikasikannya dengan harga.

OS yang berbasis Linux sebenarnya sudah kita nikmati selama ini dalam bentuk sistem operasi mobile, tau kah apa itu? Android. yup, sebenarnya Android juga termasuk OS berbasis Linux.

Oleh karena itu, kita tidak perlu membayar pemasangan Linux kecuali kita hanya perlu membeli Hardware nya saja, tidak ada pengesahan salinan seperti pada Windows. kita bisa menggunakan versi bajakan dari Linux tanpa aral suatu apapun karena tidak ada yang namanya Linux bajakan dikarenakan Linux is free open-source.

 2. Bermacam-macam


OS berbasis Linux ada banyak, jika kalian menganggap Linux adalah OS itu sendiri kalian salah!, Linux hanyalah fondasi dari OS dan bukan OS yang sebenarnya. maka dari itu jika kalian mencari "download linux" di Google yang muncul pasti OS dengan nama lain seperti Debian dan Ubuntu.

Linux didistribusikan dalam bentuk OS distro, yang berisi beberapa aplikasi bawaan, Desktop unik, manajer paket, fitur khusus dan UI khusus. dan setiap distro memiliki nama, pengembang dan platform tersendiri.

OS berbasis Linux ada banyak, tapi inilah daftar OS distro berbasis Linux yang saya ketahui :


  1.  Android, oleh Google - Mobile / unofficial PC (-x86).
  2. Debian, oleh Debian Constitution dan the Social Contract - PC / Mobile.
  3. Ubuntu, oleh Canonical Ltd. - PC / Mobile (uTouch).
  4. BlankOn, oleh Organisasi Linux Indonesia - PC.
  5. Mandriva, oleh Mandrakesoft - PC.
  6. Linux Mint,  Linux Mint Project - PC.
  7. Red Hat / Fedora, oleh Red Hat - PC.
  8. Sailfish OS, oleh Sailfish Dev - Mobile.
  9. openSUSE, OpenSUSE Project - PC.
  10. Tizen OS, oleh Tizen - Mobile.
  11. RemixOS, oleh Jide (berbasis Android) - Mobile / PC.
  12. Tiny Core Linux, oleh Robert Shingledecker - PC.
  13. Puppy Linux, oleh Barry Kauler - PC
  14. Mangaka , oleh Animesoft International - PC
  15. Parrot Linux, Parrot Project - PC.
  16. Kali Linux, oleh Offensive Security Ltd. - PC.
  17. Elementary OS, elementary.io - PC
  18. Gentoo, by Daniel Robbins - PC.
  19. CentOS, CentOS Project - PC.
  20. PS2 Linux, oleh Sony Computer Entertainmet - Playstation 2 Console.  

3. Lebih aman 

Meskipun Linux memiliki sistem keamanan yang harus dipasang sendiri oleh user, Tapi, tahukah kalian bahwa hanya ~2% Virus PC didunia ini ditunjukkan kepada Linux (pengecualian untuk Android). ini berarti Linux masih lebih aman dari Windows (NT) yang memiliki jumlah Ancaman sebesar ~89% dan Mac ~9%. meskipun begitu,ada juga virus multiplatform yang bisa menginfeksi Windows, Linux dan OS lain dengan satu file saja. maka dari itu pengguna Linux masih tetap harus berhati-hati.

Windows memiliki sistem akun Administrator yang dinilai untuk menyamankan pengguna Admin tanpa perlu melakukakan pengesahan tambahan, tapi inilah celah keamanan pada Windows dimana jika akun Admin menginstall aplikasi bervirus akan menghancurkan sistem Windows. Sedangkan di Linux ada sistem Akun Root yang mirip dengan Administrator, tiap pengguna berhak menggunakan akun ini apabila bisa menggunakan terminal dengan baik dan juga tahu passwordnya. karena tiap menjalankan komando terminal,pengguna akan ditanyai password sehingga pengguna akan tahu apa yang akan mereka lakukan dan virus akan sulit sekali menginfeksi sistem ini.

Ada dua jenis root pada Linux yaitu:
1. SUDO, menggunakan password pengguna dengan batasan satu komando per perizinan
2. SU, menggunakan password root tapi memiliki jumlah komando tanpa batas

4. UI yang mudah dipahami dan mudah dimodifikasi

Desktop BlankOn Tambora (Manokwari)
Hampir seluruh linux memiliki tampilan yang bisa diubah-ubah. contohnya kalian bisa menggunakan Launcher Custom pada Android dan kalian bisa mengubah ikon-ikon pada Linux dengan basis Desktop GNOME dan KDE dkk.

Linux memiliki folder khusus untuk menyimpan gambar dan properti UI dalam bentuk skrip (butuh root) yang kalian bisa ubah sesuai keinginan kalian asalkan kalian tau apa yang kalian lakukan dan memahami cara mengubahnya.

5. Pengatur Paket aplikasi tersendiri.

Kebanyakan Distro linux memiliki pengatur paket yang lebih teratur, seperti Google Play pada Android, Ubuntu Software pada Ubuntu, APT pada Debian / anakannya dan RPM pada RedHat-based Linux dan lain-lain.

Pengatur paket adalah sebuah sistem dimana kita bisa memasang aplikasi dari repositori / penyimpanan paket aplikasi yang dikhususkan, ini digunakan untuk mencegah pengguna menginstall aplikasi dari situs-situs yang tidak dipercaya. meskipun memiliki kompatibilitas dengan file paket luar seperti paket Install Android (.apk), Paket Debian (.deb), dan Darwin (.dmg). kita tetap diharuskan menginstall aplikasi dari pengatur paket daripada dari file paket luar.

6. Bisa menjalankan Aplikasi Windows, tapi tidak sebaliknya

Contoh Game Windows yang dijalankan di Linux
Aplikasi Windows masih bisa dijalankan pada Linux tanpa diemulasi dengan Wine, Wine adalah singkatan dari WINE is Not Emulator karena cara kerjanya yang menambal runtime pada Linux agar dapat menjalankan aplikasi Windows dan berbeda dengan Emulator yang memasukkan keseluruhan Runtime Asli dari sistemnya.

Wine dapat diinstall pada kebanyakan Distro linux (kecuali sistem berbasis Android) dengan menggunakan Pengatur paket masing-masing.

Meskipun Windows bisa menjalankan aplikasi Linux, tapi perlu memporting dari source code dengan menggunakan cygwin runtime agar bisa dijalankan atau simpelnya dikonversi dulu ke sistem Windows. Di Wine kita bisa langsung menjalankan file .exe dengan double klik pada filenya tanpa melakukan rekompilasi source code seperti cygwin.

7. Bootloader yang lebih baik

GRUB milik Fedora
Bootloader default pada Windows adalah Windows Bootloader yang hanya bisa mendeteksi sistem berbasis Windows saja dengan UI text-saja, sistem UEFI-based Windows Bootloader yang merupakan bootloader bawaan sejak Windows 8 dengan tambahan GUI (Antarmuka Pengguna Grafis) pada Bootloadernya. ini akan menghambat kita yang memiliki OS non-Windows, yang tidak bisa diboot dari bootloader Windows tanpa modifikasi berat.

pada Linux, GRUB adalah sistem bootloader bawaan tiap distro-nya, GNU GRUB adalah Singkatan dari GNU GRand Unified Bootloader yang bisa mem-boot tiap distro linux tanpa memandang nama maupun asalnya dan bisa menjalankan ISO Bootable, bahkan Bootloader yang satu ini bisa mem-booting sistem berbasis Windows dan Macintosh. ditambah UI yang bisa diubah-ubah dari Text-Saja ke GUI dengan tambahan fitur seperti Boot Command Editor, Terminal dan Background yang bisa diubah.

Dan pada aspek ini, terlihat sekali bagaimana sifat tiap perusahaan yang ada. yaitu Microsoft yang Ingin menang sendiri (karena tidak mengizinkan penggunanya menjalankan sistem Non-Windows dari BL-nya) dan GNU yang baik hati (karena memberi tiap sistem  kebebasan untuk booting dari sistem BL-nya).

8. Kegunaan Distro yang dikhususkan

Mangaka Linux - Linux khusus penggemar Manga dan Anime
Distro linux ada yang multi-fungsi ada juga yang memiliki kegunaan khusus. seperti Kali Linux yang dipakai untuk menjajal keamanan suatu jaringan, Mangaka untuk multimedia (jejepangan), CentOS dikhususkan untuk perusahaan dan Parrot Linux untuk kepengurusan Administrasi Sistem, Tiny Core untuk sistem lawas dan lain-lain.

Distro Linux yang multi-fungsi diwakili oleh Ubuntu, Debian, Android, BlankOn dan Linux Mint. dengan memasang distro ini kalian bisa menjajal semua software mulai dari Software perkantoran, Administrasi dan multimedia.


Akhirul Kalam

Yah, saya hanya menyarankan saja dalam hal ini dan tidak mewajibjan. silahkan memilih apa OS yang ingin kalian pakai. sampai disini saja kita bertemu.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar